Cara Membuat Lontong dari Daun Pisang Gurih dan Nikmat

Cara Membuat Lontong dari Daun Pisang
Lontong Bungkus Daun Pisang
Bagi Mama yang berniat mengetahui resep membuat lontong, tentunya dengan rasa yang khas. Nah, berikut saya sajikan cara buat lontong daun pisang yang pulen serta gurih.

Bahan-bahan yang harus disediakan meliputi
  • 500 gram beras yang sudah dicuci dan ditiriskan.
Cara Membuat Lontong dari Daun Pisang
  • Pertama(1) Ambil 2 lembar daun pisang, kemudian gulung dengan posisi daun yang lebih hijau di sebelah dalam, lalu semat dengan lidi pada salah satu ujungnya, isi dengan beras dengan takaran 1/3 bagian dari panjang gulungan daun tersebut, jangan lupa juga semat ujung yang satunya.
  • Kedua(2) Pastikan bahwa beras tidak mengumpul di salah satu ujung gulungan lontong, kemudian susun rapi dalam panci.
  • Ketiga(3) Masukkan air secukupnya sampai lontong terendam seluruhnya, kemudian rebus selama kurang lebih 3 jam. Perlu diingat tambahkan air setiap kali jika lontong tidak terendam air seluruhnya lagi.
  • Keempat(4) Hal penting yang harus dilakukan setelah lontong matang yaitu angkat dan tiriskan lontong, kemudian taruh lontong dalam keadaan posisi tegak dengan cara disandarkan atau bisa juga digantung selama proses pendinginan.
  • Kelima(5) Saran sebaiknya lontong dibuat sehari sebelum digunakan.
Mudah bukan cara membuatnya, sebenarnya Mama juga bisa bikin lontong dari plastik sebagai alternatifnya jika tidak ada daun pisang. Akan tetapi menggunakan daun pisang tentu lebih diutamakan, karena akan memberi aroma serta citarasa yang khas terlebih jika ditambahkan daun pandan yang membuatnya semakin gurih.

No comments:

Post a Comment